Ads Top

Indahnya Hutan Mangrove Wana Tirta




Hutan mangrove merupakan benteng utama bagi pesisir pantai untuk mencegah abrasi di sekitar pesisir pantai, juga sebagai habitat utama hewan-hewan kecil untuk mencari makan, berlindung dari ancaman predator, dan juga sebagai tempat untuk berkembang biak, tetapi jika benteng utama sebuah pantai saja gak ada, banyak kemungkinan dampak buruk bisa terjadi contohnya seperti hilangnya tempat perlundungan bagi ikan-ikan kecil, wilah daratan menjadi berkurang, ekosistem di sekitar menjadi terganggu, ketika air laut mulai pasang juga bisa terjadi kemungkinan airnya dapat meluap ke daratan. Masalah diatas bisa timbul akibat manusia itu sendiri yang kurang menjaga apa yang seharusnya kita jaga secara bersama-sama, penebangan liar dan penggundulan hutan yang digunakan untuk membuka lahan baru adalah salah satu penyebabnya, seharusnya kita sebagai makhluk ciptaan Tuhan yang paling sempurna kita bisa menjaganya semuanya itu juga demi kebaikan kita sendiri. Mari kita mulai hari ini berkomitmen untuk selalu menjaganya dan jangan malah merusaknya, kita hijaukan pesisir pantai kita dengan hutan mangrove. 

Banyak sekali pesisir pantai di indonesi yang bisa dibilang kawasan mangrovenya sudah rusak tatapi disini ada suatu desa yang justru malah mengembangkannya sebagai objek wisata yaitu didaerah Yogyakarta. Lokasinya berada di kulon progo tepatnya dusun pasir mendit, desa jangkaran, kecamatan Temon, Kulon Progo. Bisa ditempuh sekitar 2 jam perjalanan dari pusat kota, disini kita bisa menikmati indahnya pemandangan hutan mangrove diatas jembatan sederhana yang di bangun menggunakan sebuah bambu khas pedesaan menambah suasana alami, nama jembatannya sendiri adalah jembatan si apai-api dan jangan lupa ketika kalin datang kesini usahakan siapkan camera yang bagus atau camera handphone juga bisa yang terpenting bisa untuk mengabadikan kenangan indah kalian di jembatan ini adalah spot foto yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan.

1. Harga Tiket
Untuk biaya masuknya hanya sekitar Rp.5.000 tetapi belum termasuk biaya parkir jika anda membawa kendaraan untuk motor Rp.5.000, mobil Rp.5.000 dan bus Rp.10.000.
 Rp.10.000.10
2. Jam Operasional
Buka mulai pukul 06:00 - 18:00 usahakan untuk datang diwaktu pagi hari atau sore hari supaya hasil foto yang di abadikan menjadi lebih bagus karena tidak terken bias cahaya matahari.

3. Terdapat Apa Saja Di Sana
Wisata Hutan Mangrove sendiri memiliki beberapa tempat wisata yang wajib dikunjungi yaitu jembatan api-api, pantai pasir kadilangu, maju lestari dan juga wanatirta pasir mendit.

Indahnya Hutan Mangrove Wana Tirta Indahnya Hutan Mangrove Wana Tirta Reviewed by singgah on September 30, 2018 Rating: 5

No comments

Search This Blog

adsense