Ads Top

Mitos Air Terjun Way Lalaan



Siapa diantara kalian yang tidak mengetahui keindahan air terjun Way Lalaan, pemandangan alam disekitar air terjun yang senantiasa selalu memberikan suguhan yang terbaik dan tak terlupakan, kesegaran airnya yang jernih bakal memulihkan kondisi anda yang kurang baik, tatapi jika diantara anda ada yang belum mengetahuinya mari simak baik-baik artikel ini karna saya akan membahas sedikit ulasan tentang destinasi wisata yang satu ini.

Air terjun way lalaan diambil dari bahasa lampung yang arrinya "Way" ( sungai ) dan "Lalaan" (pedas) yang artinya sungai yang pedas, tak hanya itu saja way lalaan dikenal juga sebagai air terjun bidadari, kenapa disebut demikian? Alasannya karena ditempat ini terdapat banyak celah-celah bebatuan di air terjun way lalaan yang mengeluarkan tetesan air menyerupai tetesan air mata seseorang sehingga diibaratkan menyerupai tetesan air mata bidadari, air terjun way lalaan memiliki ketinggian sekitar 11 meter dan aliran airnya berasal dari aliran sungai Way Lalaan dan bermuara di Teluk Semangka.

Banyak cerita mitos berkembang  di masyarakat terhadap air terjun ini, karena kepercayaan inilah membuat tempat ini tak pernah sepi dari para pengunjung, berikut ini tempat yang ada di air terjun way lalaan yang memiliki cerita tersendiri:

1. Mitos celah batu air mata bidadari
Jika anda datang kemari dan membasuh wajah anda dengan air mata bidadari yang kluar dari celah-celah bebatuan maka dipercaya anda bisa awet muda, tambah cakep bagi laki-laki dan cantik bagi perempuan.

2. Mitos pohon cinta
Dikenal juga dengan pohon kerincing, pohin cinta memiliki cerita tersendiri yaitu  ketika ada sepasang kekasih mengucapkan janji sehidup semati di bawah pohon cinta ini, maka dipercaya hubungan anda akan langgeng hingga maut memisahkan.

3. Mitos batu bertapa
Tak jauh daei lokasi air terjun way lalaan terdapat sebuah batu yang menyerupai tempat duduk yang dipercaya bahwa konon pada zaman dahulu batu ini digunakan untuk bertapa untuk mendapatkan sebuah kekuatan.

Terlepas dari benar atau tidaknya cerita diatas tergantung kita mengartikannya sendiri, tapi disini saya mau menggingatkan kepada kalian bahwa cerita diatas hanyalah sebuah kercayaan belaka dan belum terbukti kebenarannya.



Lokasi dari destinasi wisata berlibur berada di daerah Kampung Baru, Kota agung Timur, Kabupaten Tanggamus, Lampung, untuk lebih tepatnya anda bisa mencari taunya di google maps. Untuk dapat sampai ke sini banyak rute yang bisa anda lewati tapi jika anda berasal dari Bandar Lampung anda tinggal  menuju Kota Agung stelah itu menuju Gedong Tataan lalu ke Pringsewu stelah itu ke daerah Gisting kemudian perjalanan dilanjutkan menuju ke destinasi wisata  Air Terjun Way Lalaan, stelah anda sampai di pintu masuk utama anda akan disambut oleh deretan anak tangga yang menurun ke area air terjun, anda juga harus melalui sekitar 130 anak tangga, jadi anda harus menyiapkan fisik yang cukup baik ya, tapi tenang saja stelah anda sampai, rasa capek habis menuruni anak tangga bakal terbayarkan dengan pesona  keindahan air terjun way lalaan.

Harga tiket masuknya sangatlah murah yaitu Rp.5.000/ orang dan biaya parkir bagi anda yang membawa kendaraan sekitar Rp.5.000 saja, namun besaran biaya diatas bisa berubah suatu waktu.

Mitos Air Terjun Way Lalaan Mitos Air Terjun Way Lalaan Reviewed by singgah on October 10, 2018 Rating: 5

No comments

Search This Blog

adsense